Seperti yang kita tau, toyota merupakan produsen mobil terbesar di dunia yang ternyata bisa memproduksi 1 mobil dalam setiap 6 detik dan menghasilkan sekitar 8-8,5 jt unit mobil di seluruh dunia. Tapi ada yang tau gak awal karier pabrikan mobil terbesar ini?
Ternyata Toyota Mobil Corporation adalah divisi mobil
Pabrik Tenun Otomatis Toyoda yang didirikan sejak September 1933. Toyoda? ya, awalnya Toyota yang kita kenal selama ini bernama Toyoda sebagai icon pendirinya
Kiichiro Toyoda. Tetapi, karena nama yang dianggap tidak
familier dan kurang enak kalau diucapkan, makanya
diplesetkan menjadi
Toyota. Berbeda dengan produsen otomotif lainnya yang mencantumkan nama pendirinya sebagai merek, seperti
Honda (Soichiro Honda),
Daimler-Benz (Gottlieb Daimler dan Karl Benz), dan
Ford (Henry Ford). Mobil apa aja sih yang telah diproduksi Toyota sampai akhirnya bisa dinobatkan sebagai produsen terbesar yang ada di dunia? Mari kita bernostalgia ke jaman dulu dengan melihat mobil-mobil buatan Toyota dari awal berdiri...
Toyoda AA (1936)Model ini dikembangkan dari prototipe model A1 dan dilengkapi bodi dan mesin A. Kendaraan ini dari awal diharapkan menjadi mobil rakyat.
Toyota Jeep BJ (1951)
- 1950 - Pecahnya Perang Korea menyebabkan kenaikan permintaan kendaraan militer. Pemerintah Amerika Serikat memesan 100 kendaraan dengan spek Willys dan Toyota diminta untuk membuatkan kendaraan ini.
- 1951 - Prototipe mobil Toyota "Jeep" BJ mulai dikembangkan bulan Januari 1951. Jeep BJ ini ukurannya lebih besar dari aslinya yang dari Amerika dan menggunakan mesin bensin Tipe B 3.4L 6 silinder segaris yang menghasilkan tenaga 85 hp/3600 rpm dan torsi 215 Nm/1600 rpm. Berpenggerak 4 roda.
Toyota Corona (1957)Toyota Corona adalah mobil kelas menengah yang dibuat oleh Toyota Motor Corporation dari tahun 1957 sampai 2001. Untuk pasar export Corona juga dipasarkan dengan nama
Carina, dan ini berbeda dengan Carina asli yang hanya dijual di Jepang.
Corona yang paling popular berbentuk Sedan 4-pintu. Model Coupe 2-pintu dibuat antara tahun 1967 dan 1989. Model lainnya adalah Liftback, Station Wagon, dan Van.
Corona ST10 bermesin 995 cc adalah mobil sedan kecil yang diproduksi Toyota pada waktu itu, karena Corolla belum ada, dan untuk kelas yang lebih besar sudah ada Crown. Model Corona Line Wagon ST16 juga diproduksi.
Toyota Corolla (1966)Toyota
Corolla adalah mobil kompak yang terlaris di dunia, lebih dari 30 juta unit terjual dari tahun 1966 sampai sekarang. Corolla tidak hanya diproduksi di Jepang, tetapi juga di berbagai negara seperti Amerika Serikat, Kanada, Afrika Selatan, Thailand, Inggris, Turki, serta beberapa negara lain.
Mobil kecil yang sederhana bermesin 2K 1100 cc yang diberi kode KE10 untuk Sedan, KE15 untuk Coupe, atau KE16 untuk Wagon. Diluar Jepang, negara pertama yang mendapat Corolla adalah Australia. Corolla pertama kali dipasarkan di Amerika Serikat pada tahun 1968. Model facelift yang hadir pada tahun 1969 bermesin 3K 1200 cc diberi kode KE11 untuk Sedan, KE18 untuk Wagon dan KE17 untuk Sprinter Coupe.
Toyota 2000GT (1967) Toyota 2000GT adalah sebuah mobil sport yang diproduksi oleh Toyota Motor Corporation sangat terbatas di Jepang. Pertama kali diperkenalkan pada
Tokyo Motor Show 1965, produksi mobil tersebut dimulai 1967 sampai berakhir 1970. Mobil ini merupakan mobil revolusioner dari pabrikan Jepang, dari sebuah produsen yang dikenal produknya kurang menarik, tapi kemudian dapat membuktikan bahwa orang Jepang juga bisa membuat sebuah mobil sport yang dapat menandingi rival mereka dari Eropa.
Hanya 351 unit saja yang berhasil terjual. Hal itu terjadi karena harganya yang sangat mahal, melebihi harga Porsche dan Jaguar saat itu. Kebanyakan terjual dalam warna merah dan putih.
Toyota Carina (1970) Toyota Carina adalah mobil kompak yang dibuat oleh Toyota Motor Corporation, Jepang dari tahun 1970 sampai 2001. Carina yang berbagi platform dengan Celica diposisikan diatas Corolla dan dibawah Corona. Mulai pertengahan tahun 1980-an, Carina hanya dijual di Jepang, tetapi nama Carina juga digunakan di Eropa sebagai
Carina II dan
Carina E yang sebenarnya adalah Corona. Carina terakhir diproduksi pada tahun 2001, dan digantikan oleh Allion.
Toyota Celica (1970)Celica adalah mobil resmi yang digunakan Toyota pada kejuaraan
World Rally Championship (WRC) dari tahun 1972 sampai 1986 dengan model berpenggerak roda belakang, dan dari tahun 1988 sampai 1997 dengan model
GT-Four berpenggerak 4WD. Celica untuk WRC dibuat oleh
Toyota Team Europe di Koln, Jerman.
Setelah Celica dihentikan produksinya pada tahun 2006, posisinya sebgai mobil sport kompak buatan Toyota digantikan oleh Scion tC di Amerika Utara. Untuk region lain, Toyota belum mempersiapkan penggantinya.
Toyota Starlet (1973) Toyota Starlet adalah mobil kecil yang diproduksi oleh Toyota Motor Corporation, Japan dari tahun 1973 sampai 1999. Pada awalnya Starlet merupakan versi lebih mahal dari Toyota Publica, dan disebut
Publica Starlet.
Starlet yang sebenarnya (tanpa nama Publica) diluncurkan pada tahun 1978 berbentuk
Hatchback 3 dan 5 pintu. Pasar yang besar untuk Starlet adalah Jepang, Indonesia, Amerika Tengah, dan beberapa negara Eropa seperti Belanda, Belgia, Swiss, dan Yunani. Setelah Starlet dihentikan produksinya pada tahun 1999, posisinya digantikan oleh Toyota Yaris.
Toyota Cressida (1976) Toyota Cressida adalah sebuah mid-size sedan yang diproduksi oleh Toyota dari tahun 1976-1993, melalui 4 generasi. Merupakan sedan paling mewah dari Toyota untuk pasar Amerika Serikat saat itu. Menggunakan sasis yang sama dengan Toyota Mark II, Toyota Chaser dan Toyota Cresta. Sekarang, Toyota Mark X adalah generasi penerus dari Cressida. Terjual sebanyak 353.053 unit di Amerika Serikat. Toyota Cressida pernah dijual di Indonesia saat generasi ketiganya (1984-1988). Nama Cressida diambil dari karakter utama
Troilus and Cressida karya William Shakespeare.
Toyota Kijang Buaya (1977)Awalnya Toyota Kijang lahir sebagai kendaraan niaga berupa pick up. Dengan mengusung konsep Basic Utility Vehicle kendaraan ini cocok untuk kendaraan niaga. Selain itu juga mudah dan murah untuk perawatan. Diproduksi pada tahun 1977, Kijang ini diproduksi hingga 1.168 unit yang berkembang pada tahun berikutnya menjadi 4/624 unit dan terus berkembang pada tahun-tahun selanjutnya. Generasi pertama ini merupakan kendaraan pickup dan berbentuk kotak.
Model ini sering dijuluki “Kijang Buaya” karena kap mesinnya dapat dibuka seperti buaya. Kijang generasi ini diproduksi hingga tahun 1980.
| Toyota Land Cruiser (1951-Sekarang) Awalnya adalah Jeep BJ |
|
Toyota Century (1967) |
| Toyota Hiace (1967-Sekarang) |
| Toyota Hilux (1968-Sekarang) |
|
Toyota Crown (1969) |
|
Toyota Kijang Doyok (1981) |
|
| Toyota Supra (1982) |
|
Toyota Kijang Super (1986) |
|
Kijang Kapsul (1997) |
|
Toyota Harrier (1997) |
|
Toyota Yaris (1999) |
|
Toyota Previa (1990-1999) |
|
Toyota Alphard (2002-Sekarang) |
| Toyota Wish (2003-Sekarang) |
|
Toyota Kijang Innova (2005-2006) |
|
Toyota Aygo (2005-Sekarang) |
| Toyota Fortuner (2005) |
| Toyota Kijang Innova Facelift (2006-Sekarang) |
|
Toyota Aurion (2006) |
|
Toyota Avanza (2007) |
|
Toyota Allion (2007-Sekarang) |
Sumber : Wikipedia dan sumber lainnya
Semoga Bermanfaat, jangan lupa follow atau commentnya.. Terima Kasih :)
Whilst Bond received a drop-top, the ’69 Toyota 2000GT was fashionable enough not having one offered up from your factory. The elongated the front, along with the style in general, causes it to become feel considerably more like an Italian language roadster than something you can picture getting for its “dependable gas mileage.
BalasHapusdi pasuruan jawatimur ada toyota corona tahun 1966.
BalasHapus