Jumat, 25 Januari 2013

Dampak cahaya matahari pada kesehatan kulit

sengatan cahaya matahari yang segera menyentuh kulit tubuh dapat mengakibatkan kerusakan kecantikan kulit. terlebih iklim tropis layaknya di indonesia dapat beresiko kurang baik untuk kesehatan kulit kita. contohnya cahaya matahari mengakibatkan munculnya bintik hitam ( freckles ) pada kulit berbarengan dengan pertambahan umur atau dark pingmentasi dikarenakan cahaya matahari yang terlalu berlebih.

sesaat ada wanita dengan sengaja berjemur sembari memoleskan baby oil pada tubuhnya tanpa memperkirakan dampak sampingnya. walau sebenarnya itu dapat mengakibatkan berlangsungnya degenerasi kulit berbentuk rona kemerahan yang terkadang merasa perih atau kulit jadi keras, kasar, dan kulit lebih kecoklatan.

banyak pakar kecantikan menyebutkan, matahari bisa mengakibatkan penuaan awal pada kulit serta lebih kronis lagi dapat mengakibatkan kanker kulit. berlangsungnya rusaknya periode panjang yang lebih mencolok yakni menyusutnya protein pada kulit. perihal ini dapat mengakibatkan hilangnya kolagen serta elastisitas pada kulit. cahaya matahari lama kelamaan dapat menyebabkan kulit dapat kehilangan kelenturannya, yang lantas jadi bintik hitam ( freckles ) serta bikin tampilan seseorang terlihat lebih tua.

penyerapan cahaya matahari dengan terus-terusan pada sel kulit bisa berkembang jadi kanker kulit. biasanya kanker kulit didapati di sekitar hidung, pipi, atau darah yang tidak tertutup dari cahaya matahari. maka dari itu bila kita akan melancong kita mesti membuat perlindungan kulit dari sengatan cahaya matahari.

komponen beresiko.
komponen yang beresiko dari cahaya matahari yaitu cahaya ultraviolet. cahaya yang tidak kasat mata ini terdiri dari sebagian type, namun yang hingga ke muka bumi cuma cahaya uv-a serta uv-b. cahaya uv-a atau dapat juga dimaksud suntan jadikan kulit berwarna kecoklatan, namun cahaya uv-b atau sunburn bikin kulit jadi kemerahan, apalagi merasa lebih perih.

apabila sunburn berefek periode pendek, yang lain halnya dengan suntan yang mempunyai dampak periode panjang serta kemungkinan besar menyebabkan cacat permanen.

usaha pencegahan.

untuk menghindar sengatan matahari dengan segera kekulit, baiknya pakai pelindung layaknya krem atau dapat juga menutupi muka serta bagian tubuh yang lain dengan topi maupun payung. kosmetika tabir surya bisa menahan kulit dari dampak jelek cahaya uv-a yang terlalu berlebih. beberapa bahan yang bisa menahan cahaya ini umumnya memiliki kandungan zinc oxide atau titanium dioxide.

kosmetik yang lain, tak hanya sunscreen serta sunblock yang memiliki berlebihan menahan cahaya uv-a serta uv-b yakni kosmetika yang memiliki kandungan bahan sun protection factor ( spf ) yang mempunyai skala spesifik. untuk negara yang bermandikan cahaya matahari layaknya di indonesia, skalanya 6 ke atas. serta tiap-tiap type kulit tidak sama juga skala spf nya. contohnya untuk kulit normal di oleskan sunblock atau sun screen bersekala spf 6-8, namun spf 10-12 dianjurkan untuk yang berkulit peka pada waktu matahari amat terik.

ada banyak hal yang butuh di perhatikan terkait dengan dampak sengatan matahari tersebut yakni
:

ketahui terlebih dulu product kosmetika yang memiliki kandungan tabir surya, terlebih alas bedak ataupun bedak, dikarenakan keduanya adalah basic dari riasan. upayakan tidak membersihkan muka segera dengan air sesudah terkena cahaya matahari. jika pingin membersihkan muka dengan air, tunggu sebagian waktu serta janganlah lupa memberikan bedak yang sudah hilang.
minum air putih yang banyak amat dibutuhkan untuk hindari dehidrasi. sisi bibir butuh juga di jaga kecantikannya oleskan cream vit. untuk melindungi kelembapan bibir. gunakanlah kacamata hitam, tak hanya menambah style tampilan, juga bisa menahan teriknya matahari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar