Rabu, 30 Januari 2013

kata kalimat atau hal yang perlu diketahui saat membuka presentase

Pembukaan yang baik dapat menambah keyakinan diri serta amat punya pengaruh pada keberlangsungan presentasi setelah itu. oleh dikarenakan itu, amat mutlak untuk mengerjakannya sesempurna barangkali. audiens dapat menilai kredibilitas kita sebagai presenter didalam sebagian menit pembukaan. kurun waktu singkat tersebut, anda mesti bisa meyakinkan audiens untuk terus mendengarkan sampai akhir presentasi.

janganlah membaca waktu buka presentasi

membaca memanglah dapat bikin lancar, namun itu dapat jadi jarak untuk anda serta audiens. dikarenakan mesti membagi perhatian pada catatan dengan audiens, hingga sangat mungkin hilangnya jalinan dengan pendengar anda. membaca dapat mengakibatkan hilangnya kontak mata dengan audiens serta juga merubah ekspresi muka kita.

tujuan pembukaan presentasi

pembukaan yang baik mempunyai tujuan untuk :

menarik perhatian
sekarang ini sangat banyak pengalih perhatian, ada blackberry, tablet, dan lain-lain. di antara tujuan pembukaan yang baik yaitu menjauhkan seluruh pengalih tersebut serta bikin perhatian audiens cuma tertuju pada anda.

memperkenalkan tema serta tujuan presentasi
barangkali belum seluruh audiens tahu dengan tema serta lingkup yang dapat dipresentasikan, dan tujuan yang pingin dicapai. maka dari itu, butuh disampaikan waktu pembukaan. sebutkan faedah apa saja yang dapat mereka peroleh dari mendengarkan presentasi anda.

membangun jalinan serta keyakinan dengan audiens terangkan siapa anda serta kenapa anda layak didengarkan.

tehnik menarik perhatian audiens

banyak tehnik yang bisa dipakai saat membuka presentasi untuk menarik perhatian audiens.

pakai pernyataan atau kutipan

tehnik ini banyak dipakai serta cukup ampuh untuk menarik perhatian. box

”tahukah anda, di indonesia, 46 orang meninggal tiap-tiap jamnya akibat rokok !”/box perumpamaan pernyataan diatas tentu dapat amat menarik perhatian. audiens dapat terpancing rasa mau tahunya dapat kebenaran pernyataan tersebut. sesudah itu anda pasti mesti bisa menjelaskan dari tempat mana data tersebut, janganlah asal menarik perhatian. serta ingat, pernyataan yang disampaikan waktu pembukaan sebaiknya relevan dengan isi presentasi kita.

berikanlah pertanyaan
berikan pertanyaan yang pas bukan sekedar dapat menarik perhatian, namun juga mengarahkan konsentrasi audiens pada tema yang dapat dibicarakan. bila audiensnya sedikit, anda dapat segera bertanya satu per satu jawabannya. bila banyak dapat dikerjakan angkat tangan contohnya. box

”siapa lebih rela lari keliling lapangan dari pada bicara di depan orang banyak ? ayo angkat tangan”/box pertanyaan layaknya ini dapat ditanyakan saat presentasi perihal “public speaking”. tak hanya menarik perhatian, anda juga bisa lihat seberapa banyak pendengar anda yang tetap takut bicara di depan orang banyak.

ceritakan sesuatu kisah
bila mahir didalam bercerita, anda dapat juga menceritakan sesuatu cerita yang relevan serta tidak panjang untuk menarik perhatian audiens. anda mesti meyakini tidak bikin audiens justru jadi jemu serta mengalihkan perhatian mereka akibat cerita yang anda berikan. yakinkan kisahnya menarik, relevan dengan tema, serta anda pas menceritakannya.

pakai humor atau anekdot
cara ini juga bisa mencairkan situasi. tetapi butuh diingat, janganlah terlalu berlebih. anda barangkali sukses mencairkan situasi namun gagal membawa perhatian audiens pada tema yang dapat anda presentasikan. disamping itu, juga mesti dipastikan humor atau anekdot anda tidak pasaran dikarenakan dampaknya dapat tidak sama bila humor tersebut telah dulu didengar audiens pada mulanya.

cermati eye contact serta gestur


janganlah lupakan eye contact dikarenakan dapat menolong anda menjalin jalinan dengan orang-orang yang ada dihadapan anda. tak perlu memelototi mereka satu per satu, kerjakan dengan lumrah. begitupun dengan gestur. untuk yang belum tahu apa itu gestur, gestur yaitu gerak tubuh atau tangan ( terutama tangan ) untuk menghimpitkan suatu hal atau menolong mengekspresikan pikiran/perasaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar